Friday, September 2, 2011

Waw, nih postingan terbaru dari ana...
Ana lihat, banyak akhir-akhir ini make tarian ini, terakhir dari tvon*,

Tahu Tarian Whirling?
Sebenarnya sich saya juga belum terlalu paham soal menyoal tentang tarian ini. Tapi yang saya pelajari adalah bagaimana nilai filosofisnya yang terlihat jelas pada setiap gerak tarinya. Orang yang pertama melihat gerak tarian ini pasti bulu kuduknya berdiri, tapi jangan artikan bahwa ada makhluk ghaib lho!!

Tarian inilah yang mengambarkan bagaimana makrifat kehidupan seorang manusia di dunia. Tarian yang mengajarkan kepada kita tentang bagaimana nilai pandang sebagai sufi menjalankan ibadahnya untuk Allah swt. Mulai dari pakainan yang dikenakan oleh si penari sampai ke geraknya mengambarkan jelas tentang kematian manusia.

Berputar, itulah arti dimana manusia ini selalu berputar sesuai dengan takdir yang diturunkan dan digariskan oleh Allah swt. Mulai dari Nabi Adam as hingga Nabi Muhammad saw mengambarkan keberputaran juga. Umur manusia yang terus saja berputar pun demikian.

Memakai pakaian serba putih, arti dari kain kafan yang kelak membalut kita dalam kesendirian dalam liang kubur. Adalagi yang menyebutkan bahwa nilai putih ini adalah suatu nilai keruhanian.

Waw, jadi inget video klipnya "Laskar Cinta"

0 comments:

Post a Comment